PBB Beltim Resmi Dukung Yuslih Dalam Pilkada

by -
PBB Beltim Resmi Dukung Yuslih Dalam Pilkada
Konferensi pers DPC PBB Beltim terkait Pilkada Beltim dan dukungan bagi Yuslih Ihza.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Partai Bulan Bintang (PBB) akhirnya resmi memberikan dukungan pencalonan Yuslih Ihza sebagai calon Bupati Belitung Timur (Beltim) pada Pilkada 2020. Yuslih yang masih berstatus petahana, mendapat restu dari Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra sepekan silam seusai pertemuan di Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPC PBB Beltim, Koko Haryanto, saat menggelar konferensi pers di kantor DPC PBB, Senin (3/2/2020) yang dihadiri Yuslih Ihza dan anggota Fraksi PBB DPRD Beltim, Mirza Saputra.

“Seiring perjalanan waktu berkaitan dengan arahan (Ketum PBB) kemudian disampaikan bahwa beliau (Yuslih) juga dipanggil oleh pak Yusril di Jakarta dan melakukan komunikasi secara langsung. Setelah itu kami juga mendapat arahan via telepon,” ujar Koko mengawali konferensi pers yang dihadiri sejumlah wartawan.

Meski demikian, Koko menyatakan arahan resmi dari Ketua Umum PBB menyoal dukungan bagi Yuslih Ihza maju mencalonkan diri masih belum dipegang DPC. Menurut Koko, arahan resmi dianggap penting karena PBB sebelumnya sempat mendorong anak kandung Ketua Umum PBB, Yuri Kemal Fadlullah maju pada Pilkada Beltim.

“Sampai hari ini arahan resmi itu sedang dibuat dan barusan saya berkomunikasi dengan pak Sekjen PBB berkaitan DPC dan soal pilkada untuk revisi terhadap arahan yang sebelumnya dikeluarkan,” kata Koko.

“Dimana sebelumnya mengarah kepada putra pak Yusril untuk maju, yakni Yuri Kemal Fadlullah namun setelah ada pertemuan dengan pak Yuslih pekan lalu, pada saat ini DPC diminta untuk mengcooling down bang Yuri saat ini barangkali tidak jadi diturunkan pada Pilkada Beltim,” imbuhnya.

Koko menegaskan, arahan Ketum PBB sudah menjadi sinyal bagi Yuslih Ihza selaku petahana untuk melanjutkan proses pencalonan dari partai. Tak hanya itu, PBB tetap akan menyelesaikan proses mekanisme sesuai arahan Ketua Umum yakni memberikan ruang seluas-luasnya kepada petahana untuk diusung melalui Partai Bulan Bintang.

“Kedepan bagaimana kami juga menyerahkan sepenuhnya kepada pak Yuslih Ihza untuk membangun komunikasi dengan partai-partai lain,” jelas Koko.

Koko mengakui, PBB sejak awal sudah berkomunikasi dengan beberapa partai yang memiliki kursi legislatif. Namun saat itu kepentingannya adalah mendukung putra kandung Ketum PBB untuk mencalonkan diri sebagai Bupati.

“Kami juga pernah berbicara dengan tiga partai lain, yaitu Perindo, PDI Perjuangan dan Hanura. Tetapi itu memang komunikasi penjajakan yang sifatnya masih dinamis, tidak ada ikatan. Kami membangun komunikasi khusus untuk bang Yuri, dan memang hari ini tidak ada ikatan atau mengikat partai,” ujar Koko.

“Hari ini kami mempersilahkan kepada pak Yuslih untuk menjalin komunikasi kembali dalam rangka pemenuhan syarat minimal kursi yaitu 5 kursi. Jadi kami tidak menetapkan partai apa, tetapi komunikasi yang pernah terjalin diantara 3 partai, barangkali bisa dijajaki kembali,” tegasnya.

Koko berharap, konferensi pers yang digelar DPC PBB akan menghentikan prasangka di tengah masyarakat. Artinya dukungan PBB sudah diberikan hanya untuk Yuslih Ihza dan mempersilahkan mencari pasangan sebagai calon Wakil Bupati.

“Intinya saya tidak mau lagi ditengah masyarakat timbul pertanyaan, siapa yang akan diajukan. Saya sampaikan, kita tidak akan mengadu antara pak Yuslih dan bang Yuri karena kita tahu bang Yuri keponakan dan begitu sebaliknya,” tukasnya.

Sementara itu, Yuslih Ihza yang juga menghadiri konferensi pers menegaskan calon pasangan sebagai Wakil Bupati masih dalam proses timbang menimbang. Sejumlah nama memang sudah diajukan namun dirinya memastikan tidak mempermasalahkan latar belakang calon wakilnya nanti.

“Siapa saja boleh, mau laki-laki atau perempuan, mau seagama atau tidak bagi saya tidak ada masalah. Yang penting dia (calon wakil) tahu apa posisinya,” tegas Yuslih. (msi)

Editor: Yudiansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *