Pilkades Serentak Belitung di Tahap Persiapan

by -
Pilkades Serentak Belitung di Tahap Persiapan
Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD), Antonio Afriza.

politics.belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2020 di Kabupaten Belitung sudah sampai tahapan persiapan.

Persiapan tersebut meliputi persiapan sekretariat, mulai dari Pembentukan panitia tingkat kabupaten, tim fasilitasi, tim pengawas, tim pengamanan hingga tanggal 31 januari 2020 kemarin.

Menurut Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Antonio Afriza, dari tanggal 31 Januari hingga 07 Februari 2020 merupakan persiapan sekretariat di tingkat Desa.

“Pembentukan panitia pemilihan tingkat desa, pembentukan sekretariat panitia pemilihan tingkat desa,” katanya kepada politics.belitongekspres.co.id, Selasa (04/02/2020).

Kemudian dari tanggal 10 Februari hingga 31 Maret 2020 adalah tahapan pemutakhiran data, nanti panitia pemilihan tingkat desa akan menunjuk petugas pemutakhiran data pemilih.

“Petugas inilah nanti bertugas untuk pemutakhiran data, sementara untuk basis data awal kita melaksanakan Pilkades berdasarkan hasil pemilihan terakhir yaitu Pilpres 2019. Namun, kalau di Pilkades ini maksimal 500 pemilih dalam satu TPS, kalau Pilpres maksimal 300 pemilih,” jelasnya.

Kemudian Tahap Pencalonan, kata dia, kalau calon kepala desa lebih dari 5, maka akan dilaksanakan seleksi tambahan hingga mendapatkan 5 calon. Apalagi jika hanya 1 calon. Sampai waktu ditentukan serta ditambah 20 hari, tapi tetap hanya 1 calon, maka Pilkades Desa tersebut dibatalkan, dan akan didaftarkan Pilkades periode berikutnya.

“Jadi tidak ada lagi lawan kotak kosong, kita sudah siap berapa alternatif di tahap pencalonan ini,” katanya.

Pendaftaran atau penjaringan bakal calon Kepala Desa dibuka pada 24 Februari hingga 3 Maret 2020 mendatang.

Tahapan pemungutan suara akan dilaksanakan mulai dari Pembentukan KPPS dari 21 April hingga 30 April 2020. Pendistribusian logistik 18 hingga 19 Juni 2020, masa kampanye dengan mengumpulkan masa sekitar tanggal 22 hingga 24 Juni 2020, kemudian masa tenang 25 sampai 27 Juni dan Pilkades serentak tanggal 28 Juni 2020.

Kemudian, tanggal 29 Juni penetapan calon kepala desa terpilih. Selanjutnya tanggal 29 Juni hingga 5 Juli penyampaian laporan tim Pilkades tingkat desa kepada BPD, dan 30 Juni sampai 2 Juli 2020
masa sanggahan.

“Pelantikan kepala Desa pada bulan Agutus 2020,” ujarnya.

Menurut dia, ada 15 desa yang akan menggelar Pilkades serentak tersebut yakni Desa Air Saga, Desa Kacang Butor, Desa Keciput, Desa Membalong, Desa Bantan, Desa Simpang Rusa, Desa Kembiri dan Desa
Gunung Riting.

Selanjutnya Desa Tanjung Rusa, Desa Mentigi, Desa Lassar, Desa Petaling, Desa Selat Nasik, Desa Suak Gual dan Desa Pulau Gersik.

Ia berharap agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan Pilkades serentak tersebut guna mendukung kemajuan Desa setempat.

“Pilkades serentak ini sengaja dilaksanakan pada hari Minggu agar masyarakat bisa datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya nanti,” ujarnya. (dod)

Editor: sue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *